Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog/Website Secara Akurat

Mengecek kecepatan loading blog ~ Ukuran kecepatan merupakan salah satu faktor penentu kenyamanan pengunjung di sebuah website atau blog. Maka dari itu anda harus memperhitungkan dan menata blog agar loading tetap stabil dan cepat. Sebelum itu ada baiknya sobat tahu dulu berapa persen kecepatan loading pada blog sobat.

Untuk mengukur kecepatan loading pada blog gunakan alat pengukur milik google yakni Google pagespeed insight. Untuk caranya silakan simak di bawah ini.

Cara mengecek kecepatan blog menggunakan google pagespeed insight


Pertama yang harus sobat lakukan untuk mengukur kecepatan loading blog yaitu mengunjungi situs web Google Pagespeed Insight

Setelah itu, sobat akan disuguhkan dengan penampakan kolom URL dan tombol Analisis seperti gambar di bawah ini.

Pagespeed Insight 1

Silakan sobat isi kolom yang ada dengan alamat url blog yang sobat miliki, setelah itu klik tombol Analisis.

Tunggu hingga proses analisis selesai. Setelah itu akan muncul ukuran kecepatan loading dari blog sobat antara 1-100 di perangkat mobile selular dan di perangkat desktop.

Pagespeed Insight 2

Jika blog sobat memiliki skor 75/100, itu berarti kecepatan loading blog sobat masih normal, biasanya dengan tanda warna kuning. Di atas 75 antara 76-100/100 itu tandanya loading blog super kencang, biasanya ditandai dengan warna hijau. Dan jika skor yang didapat blog sobat di bawah 75, itu berarti loading blognya lemot alias lambat, biasanya ditandai dengan warna merah.

Untuk mengatasi loading blog sobat yang lambat caranya:
  • Gunakan gadget navigasi yang menurut sobat penting, seperti populer post, label, dan arsip. Dan buang gadget navigasi atau pernak - pernik yang tidak penting.

  • Pakai template atau tema yang fast loading dan responsive.

  • Jika ada iklan, batasi jumlah penempatan iklan maksimal 4.

Dan masih banyak lagi, atau anda juga bisa menggunakan saran dari google pagespeed insight agar kecepatan loading blog sobat semakin kencang.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog/Website Secara Akurat"

  1. mantap gan, blog kita memang harus di cek kecepatannya sehingga kita bisa memperbaiki struktur blog agar load lebih cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia biar kita juga bisa mengecek bagaimana keadaan blog kita di perangkat lain. Dengan begitu kita dengan mudah tahu seberapa mantap blog kita di perangkat lain.

      Delete
  2. Bagaimana cara meningkatkan skor kecepatan blog yang menggunakan banyak plugin?
    Visit Us Telkom University

    ReplyDelete