Pengertian Ebook, Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Buku elektronik ~ Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Salah satunya lewat membaca buku.

Namun diera digital ini kita dapat menggunakan ebook untuk menggantikan buku sebagai sumber belajar yang menyenangkan. Apa itu ebook?

Ebook Buku Elektronik

Pengertian Ebook


Ebook singkatan dari Electronic book adalah jenis buku elektronik yang berbentuk softcopy yang dapat dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, smartphone dan handphone.

Tidak jauh beda dengan bentuk buku seperti biasanya, di dalam ebook juga berisi informasi berupa teks dan gambar. Bukan hanya itu saja, didalam buku elektronik juga terdapat video dan audio sebagai pelengkap untuk memahami informasi atau materi dengan mudah.

Ebook atau buku elektronik memiliki berbagai macam format yang dapat dibuka pada perangkat elektronik seperti PDF,TXT,HTML,XML,Mobi, dan masih banyak lagi. Format ebook yang paling sering digunakan adalah ebook dengan format PDF. Karena buku elektronik yang berformat PDF dapat kita buka walau perangkat elektronik yang kita gunakan dalam keadaan offline.

Fungsi Dan Manfaat Ebook


Ada 3 fungsi yang paling menonjol pada buku elektronik, antara lain:
  1. Sebagai media informasi.
  2. Pengungkapan gagasan atau ide baru.

1. Sebagai media informasi


Melalui ebook kita dapat menemukan informasi yang kita cari seperti halnya buku biasa. Bedanya ebook dengan buku biasa adalah isinya. Buku biasa pada dasarnya hanya berisi teks dan gambar. Namun ebook berisi konten multy media seperti teks,gambar,video dan audio.

Selain itu ebook sendiri khususnya yang berformat PDF dan HTML memiliki fitur pencarian yang mempermudah anda dalam mencari informasi yang ingin anda dapatkan. Contohnya blog ini.

Bagi siswa atau pelajar yang cepat bosan dan susah mencari jawaban yang diberikan guru dalam pembelajaran, ebook solusinya. Karena ebook sangat mudah anda pahami daripada buku biasa, selain itu ebook juga sangat menyenangkan dan lengkap untuk kita pelajari.

2. Pengungkapan gagasan atau ide baru


Jika anda memiliki minat ingin membuat sebuah buku untuk mengungkapkan gagasan atau ide baru, namun anda tidak memiliki dana untuk membuat buku di toko buku terdekat. Tidak perlu khawatir, ebook salah satu alternatif untuk anda yang suka menulis dan memiliki ide cemerlang dan gagasan pendapat keren dan bermanfaat.

Bagaimana cara membuat buku elektronik sendiri?

Caranya cukup mudah, pertama silakan anda siapkan browser versi terbaru seperti chrome, mozilla firefox, opera mini, atau sejenisnya.

Setelah itu buat sebuah blog atau web site. Saran saya buat dulu sebuah blog di situs www.blogger.com (wajib memiliki email gmail) setelah selesai silakan buat sebuah postingan. Untuk lebih lengkapnya silakan cari caranya di google.

Biasanya ebook dalam blog berformat HTML dan biasanya hanya bisa dibuka secara online.

Kelebihan Dan Kekurangan Ebook


Adapun kelebihan dan kekurangan ebook yang dapat kita rasakan nanti. Pada pembahasan kali inisaya akan membagikan sedikit tentang kelebihan dan kekurangan dari buku elektronik. Berikut adalah uraiannya.

1. Dapat dibaca kapanpun dan dimanapun


Khusus untuk anda yang suka membaca mungkin kesulitan saat membawa banyak buku untuk dibaca. Dengan adanya ebook anda tidak perlu kesulitan membawa berbagai macam jenis buku kesukaan anda. Cukup dengan sebuah perangkat yang bisa internetan dan memiliki ruang penyimpanan yang cukup anda bisa membaca ribuan informasi dalam satu perangkat elektronik.

Dengan begitu anda dapat dengan mudah membacanya dimanapun dan kapanpun yang anda mau.

2. Yang pastinya aman dan abadi


Punya banyak buku tapi sering hilang diambil orang atau lupa naruhnya dimana. Kalau tidak hilang sebagian isinya mungkin dimakan rayap sehingga anda akan kesulitan saat mencari informasi yang ingin anda dapatkan.

Lewat ebook anda tidak perlu khawatir lagi jika informasi yang anda cari hilang, basah atau dimakan rayap. Karena pada dasarnya ebook itu adalah softcopy yang sifatnya awet dan tidak mudah rusak.

Bahkan ebook dapat anda wariskan ke anak anda nanti.

Namun jikalau perangkat elektronik anda punya banyak virus kemungkinan besar file buku elektronik anda akan hilang. Tapi, jangan khawatir. Kalau ebooknya hilang ya tinggal anda download lagi dan simpan di perangkat elektronik anda.

3. Gratis dan mudah didapat


Ingin sekali punya koleksi buku yang banyak? Tapi masalahnya tidak punya uang untuk membelinya? Tidak perlu khawatir, download saja ebook di situs buku elektronik seperti amazon.

Tidak perlu khawatir kalau tidak punya uang, karena di internet banyak sekali bertebaran berbagai macam informasi yang ingin anda dapatkan. Semua itu anda bisa dapatkan dengan percuma, tanpa dipungut biaya sepeserpun. Sekarang anda dapat mengoleksi buku kesukaan dalam bentuk ebook.

Tapi beberapa ebook yang bagus mungkin tidak gratis untuk anda download. Karena beberapa ebook juga ada yang berbayar, tergantung pencipta ebooknya juga.

Terus kekurangan dari ebook apa? Kekurangannya hanya satu, jikalau anda salah dalam memilih ebook kemungkinan besar anda mungkin mendapatkan informasi yang dangkal alias sedikit dan tidak akurat. Maka dari itu downloadlah ebook dari sumber yang dipercayai saja.

Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to "Pengertian Ebook, Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya"