Cara Mengalikan Angka Menggunakan Perkalian Susun Dengan Cepat Dan Mudah

Waktu sd kita sudah pernah diajari menghitung perkalian menggunakan perkalian susun. Biasanya perkalian susun ini bisa digunakan jika barisan pertamanya memiliki 2 digit angka atau lebih, sedangkan baris keduanya bisa satu digit angka atau lebih.

Mungkin sobat lupa tentang cara mengalikan perkalian menggunakan perkalian susun yang diberikan waktu sd kelas 2. Tenang, pada postingan ini saya akan menyajarkannya ke sobat, supaya sobat bisa kayak waktu sd. Berikut adalah caranya+gambar dan foto langkah - langkahnya.

#Perkalian susun dengan angka dua digit dan satu digit


Pertama kak dwija akan menjelaskan yang sederhana dulu, agar nanti sobat nggak bingung menjumlahkan perkalian yang jumlah angkanya besar.

Untuk contohnya kak dwija gunakan perkalian 32x5=...
Untuk menjumlahkannya kak dwija gunakan perkalian susun, karena lebih mudah dan menyenangkan. Untuk langkah - langkah menjumlahkan angka puluhan dan satuan, silakan sobat bisa lihat pada gambar di bawah ini.

Mengalikan puluhan dengan satuan

Petunjuk:
Pertama, sobat silakan jumlahkan angka satuan dengan satuan terlebih dahulu seperti yang dilingkari merah pada gambar di atas yaitu 5x2 hasil setelah dijumlahkan adalah 10.

Silakan tulis 0 dan simpan 1 atau tulis di atas angka 2 agar mudah mengingatnya.

Kenapa yang ditulis 0 tapi bukan 1?
Karena, agar dapat hasil yang pas yang harus disimpan adalah yang didepan atau angka puluhannya dan yang ditulis adalah angka yang ada di belakang atau angka satuannya.

Seperti contoh di atas, 5x2=10. 1 adalah angka puluhannya, sedangkan 0 adalah angka satuan. Jadi, tulis 0 simpan 1.

Setelah itu, jumlahkan puluhan pada baris pertama dengan satuan pada baris kedua (menyilangnya) yaitu 5x3, maka hasil yang didapat 15. Karena tadi ada yang disimpan maka jumlahkan hasil penyilangan tersebut dengan angka yang tadi disimpan, yakni 15+1=16.

Lalu tulis hasil penjumlahan tersebut di sebelah kiri angka 0 tanpa menyimpannya. Karena, sudah tidak ada angka yang ingin dikalikan lagi.

Jadi, hasil akhir yang kita dapatkan dari perkalian 32x5 dengan perkalian susun yaitu 160.

#Perkalian susun dengan angka dua digit


Setelah sobat paham untuk mengalikan perkalian dua digit dengan satu digit di atas, maka sekarang kak dwija akan langsung mengajarkan sobat untuk mengalikan perkalian jumlah angka dua digit. Disini kak dwija menggunakan perkalian dua digit 13x13. Berikut gambar contoh perkalian susun pendek untuk penyelesaiannya.

Mengalikan Puluhan Dengan Puluhan Menggunakan Perkalian Susun

Petunjuk:
Seperti biasa, untuk pertama kali yang harus anda kalikan adalah satuan di baris 1 dengan satuan dibaris 2 yakni 3x3, maka hasilnya 9. Silakan tulis angka 9 di bawah garis.

Selanjutnya, kalikan satuan dibaris ke2 dengan puluhan dibaris ke1 yakni 3x1, maka hasilnya 3. Silakan tulis hasilnya di samping kiri angka 9 tadi.

Lalu, kalikan silang lagi puluhan baris ke2 dengan satuan baris ke1, 1x3. Maka hasilnya 3. Tulis hasilnya tersebut di bawah angka 3.

Lanjut dengan mengalikan puluhan di baris ke2 dengan puluhan dibaris ke1, 1x1. Hasilnya 1. Silakan tulis hasil tersebut disamping kiri angka 3 paling bawah.

Dan terakhir silakan tarik garis lagi, lalu tambahkan atau jumlahkan hasil yang telah didapat. Caranya dengan menarik kebawah 9, karena bagian kosong itu kita anggap 0, kan 9+0=9. Maka dari itu tulis angka 9 paling belakang.

Setelah itu, tambahkan angka yang ada disamping kiri angka 9 secara horisontal dengan angka yang ada di bawahnya, yaitu 3+3. Hasilnya 6. Silakan tulis angka 6 di sebelah kiri angka 9 paling bawah.

Lalu turunkan angka 1, dan selesai. Maka hasil terakhir dari 13x13 menggunakan perhitungan perkalian susun sederhananya adalah 169.

Sekian pembelajaran kali ini dari kakak, bila sobat ada pertanyaan atau kesulitan saat memperaktekkannya jangan lupa tulis dikolom komentar, supaya kak dwija bisa membantu kesulitan sobat tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Mengalikan Angka Menggunakan Perkalian Susun Dengan Cepat Dan Mudah"