Makalah Desain Produk Kemasan dan Labeling

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadapan ida sanghyang widhi karena atas kehadiratnya yang telah memberikan rahmat, inayahnya kepada kami, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul "Desain dan Kemasan Produk"

Penelitian ini merupakan tugas wajib dan sebagai syarat untuk menyelesaikan tugas mata pelajaran Kewirausahaan.

Dengan makalah Kewirauswhaan yang berisi tentang Desain dan Kemasan Produk telah penulis susun semaksimal mungkin dan pastinya berkat bantuan dari berbagai pihak, sehingga penulis dapat menyusun makalah ini dengan tepat waktu.

Dengan itu penulis sangat berterimakasi pada semua belah pihak yang telah membantu penyelesaian makalah ini.

Penulis sepenuhnya menyadari bahwa banyak kekurangan baik dari dalam susunan kalimat maupun tata bahasa. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima kritik serta saran untuk perbaikan kedepannya. Atas perhatian dan tanggapan pembaca, penulis ucapkan terimakasi.

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
BAB 2 PEMBAHASAN
2.1 Daur Ulang Kemasan Produk
2.2 Definisi Desain Kemasan Produk
2.3 Bahan Alat dan Proses Pembuatan Kemasan Produk
2.4 Labeling
BAB 3 KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran - Saran

Lampiran - lampuran
Daftar Pustakan

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah dalam menemukan dan merancang kemasan dan desainnya sering kita temukan, terutama bagi mereka yang masih baru dalam dunia usaha.

Karena desain dan kemasan sangat penting dalam memikat dan menarik minat calon pembeli untuk membeli produk kita. Desain dan kemasan produk juga merupakan identitas usaha kita agar calon pembeli dapat dengan mudah menghubungi kita.

Karena banyak yang mengeluh tentang cara membuat desain kemasan yang unik dan seputar desain dan kemasan produk, maka penulis membuat makalah ini agar nantinya dapat membantu pembaca yang masih baru menggeluti dunia bisnis.

Semoga bermanfaat dan selamat membaca.

B. Rumusan Masalah
1. Apa itu desain ?
2. Apa itu kemasan?
3. Bagaimana cara membuat desain yang unik?
4. Bagaimana cara membuat kemasan produk yang dapat menarik minat calon pembeli untuk membeli?
5. Apa saja yang dibutuhkan sebelum membuat desain dan kemasan produk?
6.Apa itu labeling?



C. Tujuan
Adapun tujuan penulis dalam membuat makalah ini adalah dari keinginan penulis sendiri sekaligus menyelesaikan tugas yang saya dapatkan dari guru Kewirausahaan, serta membantu para pengusaha kecil dalam merancang desain dan membuat kemasan unik dan dapat menarik minat calon pembeli.

BAB 2 PEMBAHASAN

2.1 Definisi Desain Kemasan Produk

Apa itu desain kemasan produk? Menurut eksiklopedia bebas, packaging design atau cukup disingkat dengan packaging, adalah sebuah kerja yang merupakan gabungan dari proses desain, evaluasi, dan pembuatan kemasan produk. Dari sini dapat kita pastikan bahwa pembuatan desain produk tidak hanya sampai pada penyelesaian pembuatan desain melalui aplikasi desain pada komputer, jika hanya sampai disitu maka itu baru konsep desain kemasan produk.

2.2 Bahan, alat dan proses pembuatan desain kemasan produk.

Sebelum membuat desain dan kemasan produk ada baiknya kita harus tahu dulu apa saja yang mestinya harus kita siapkan dalam proses pembuatan desain kemasan produk yang unik sehingga dapat menarik minat pengunjung.

Untuk bahan dan alatnya cukup sederhana, disini penulis menggunakan kemasan produk berupa keranjang dari koran bekas. Untuk membuat keranjang dari koran bekas cukup sediakan alat dan bahan seperti:
- Koran bekas beberapa lembar.
- Lem putih merek Fox.
- Kuas.
- Gunting.
- Tusuk sate atau lidi.
- Kertas kardus bekas.
- Lem kertas.

2.3 Proses pembuatan kemasan produk
Untuk pembuatan kemasan produk sebelum itu pikirkan dulu untuk kemasan yang di buat menggunakan apa dan berbentuk seperti apa.

Disini penulis menggunakan bentuk keranjang dari koran bekas. Untuk cara pembuatannya simak dibawah ini.
1. Ambil satu lembar koran

2. Bagi menjadi 2 bagian. Begitu juga dengan koran berikutnya.


4. Ambil satu lembar, letakan diatas meja yang datar.

5. Dari sudut kanan koran, gulung perlahan menggunakan tusuk sate.

6. Lem bagian tengah pinggir koran agar tidak mudah terbuka, lalu lem bagian ujung koran dengan lem kertas.

7. Buat beberapa gulungan. Hasilnya seperti gambar dibawah ini. Beberapa gulungan dipotong setengah.

8. Ambil kertas kardus, potong melingkar atau petak, sesuai dengan bentuk yang kita inginkan. Cukup potong 2 lembar sama besar.

9. Beri lem putih merek Fox disekeliling kardus yang tadi di potong.

10. Susun beberapa tangkai koran dengan rapi dan berjarak. Jumlah tangkainya harus ganiil.

11. Tutup dengan kertas kardus yang telah diberi lem putih , tahan beberapa menit hingga lem benar benar menyatu.

12. Ambil satu tangkai yang panjang. Ujungnya rekatkan pada bagian dalam kardus , sisipkan dengan tangkai - tangkai yang lain, Lalu mulailah menganyam, seperti membuat tikar. Anyam keliling tangkai, sambung lagi tangkai berikutnya dari lem, lalu anyam lagi , sampai tangkai habis. Atau sampai bentuk keranjang yang kita inginkan.

2.4 Labeling

Labeling adalah sebuah definisi yang ketika diberikan pada seseorang akan menjadi identitas diri orang tersebut, dan menjelaskan orang dengan tipe bagaimanakah dia. Dengan memberikan label pada diri seseorang, kita cenderung melihat dia secara keseluruhan kepribadiannya, dan bukan pada perilakunya satu per satu.

BAB 3 KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
Nah, sekian pembahasan mengenai cara membuat desain kemasan produk yang penulis susun. Semoga apa yang penulis susun bermanfaat. Kesimpulannya adalah dalam membuat kemasan produk kita harus membuatnya seunik mungkin dan kreatif, jangan hanya berpatokan pada kemasan yang sudah ada sebelumnya. Coba buat kemasan baru yang belum ada sebelumnya sehingga dapat menarik minat calon pembeli dalam membeli produk yang kita jual.

3.2 Saran - Saran
Lampiran - Lampiran
Daftar Pustaka

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Desain Produk Kemasan dan Labeling"

Post a Comment